Langsung ke konten utama

MECHATRONICS FESTIVAL 2023

 




Nama kegiatan ini adalah “MECHATRONICS FESTIVAL 2023” disingkat menjadi “MECHAFEST 2023”, dengan Tema kegiatan adalah “Take Your Glory Make A History” yang diharapkan pada kegiatan ini memiliki semangat perjuangan dalam mencari pengetahuan baru sehingga menghasilkan pengalaman yang bisa memberikan dampak positif kedepan nya.

Mechatronics Festival 2023 merupakan event / kegiatan besar tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Rekayasa Mekatronika Politeknik Enjinering Indorama untuk mengembangkan minat & bakat serta pembelajaran di bidang Robotika, PLC dan juga Olahraga, yang melibatkan berbagai pihak seperti siswa SMA/SMK Se- derajat di Jawa Barat, masyarakat umum maupun perusahaan yang terkait, guna mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan yang dilaksanakan berupa edukasi dalam bentuk pelatihan, perlombaan, dan semangat juang.

 

Dalam pelaksanaan tahun ke-10 ini, MECHAFEST 2023 mempunyai 3 agenda kegitan

yaitu, Piala Himanikatron, Workshop PLC dan Mechatronics Competition.

Untuk kegiatan yang pertama yaitu Piala Himanikatron yang merupakan kompetisi kejuaraan futsal yang diikuti oleh 32 Tim dari SMA/SMK Se-Derajat di Jawa Barat yang memiliki minat dan bakat di bidang

olahraga.

Kegiatan yang kedua yaitu Workshop PLC 2023 yang terdiri dari dua rangkaian

kegiatan yaitu seminar dan sertifikasi profesi internasional PLC OMRON. Yang diikuti oleh

seminimalnya 50 peserta untuk seminar dan 10 peserta untuk sertifikasi profesi dengan

diikuti oleh umum, baik kalangan pelajar SMA/SMK Se-derajat , mahasiswa maupun

masyarakat umum yang ingin memiliki sertifikasi keahlian, minat dan bakat dibidang

Programmable Logic Control.

Kegiatan yang ketiga yaitu Mechatronics Competition yaitu kegiatan Coaching dan kompetisi robot wall follower dengan diikuti oleh 32 Tim dari SMA/SMK Se-Derajat di Jawa Barat yang memiliki minat dan bakat di bidang robotika. Dengan adanya Mechatronics Festival 2023 diharapkan dapat membentuk generasi bangsa yang kreatif dan cerdas dalam bidang teknologi, dan juga dapat mengembangkan bakat generasi bangsa dalam bidang olahraga yang menjungjung tinggi nilai sportifitas.

 

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah :

1.       Mengembangkan generasi yang kreatif, cerdas dan teknologi sebagai pengembangan bakat dibidang robotika dan olahraga.

2.       Mewujudkan kompetisi robotika dan olahraga yang kompetitif dan menjunjung tinggi sportifitas.

3.       Mewadahi minat dan bakat siswa SMA/SMK Se-Derajat di Jawa Barat di bidang robotika dan olahraga dalam bentuk pelatihan dan kompetisi.

4.       Menjadikan Mechatronics festival 2023 sebagai ajang silaturahmi antar siswa/i SMA/SMK Se-derajat di Jawa Barat serta dengan jajaran panitia penyelenggara.

5.       Menjadikan sebuah pembelajaran agar meningkatkan wawasan dan keterampilan dibidang PLC serta di harapkan dapat mengintegrasikan PLC, menggunakan dan juga memahami fitur utama dari PLC.

6.       Memfasilitasi Sertifikasi PLC Omron International.

 

Waktu dan rempat pelaksanaan

1.       Kegiatan Workshop PLC 2023 dilaksanakan pada :

Hari : Sabtu s.d. Senin

Tanggal : 11 s.d. 13 November 2023

Waktu : Pukul 06.00 WIB s.d. 17.00 WIB

Tempat : Workshop Teknologi Rekayasa Mekatronika

 

2.       Kegiatan Mechatronics Competition 2023 dilaksanakan pada:

Hari : Sabtu dan minggu

Tanggal : 25 dan 26 November 2023

Waktu : Pukul 06.00 WIB s.d. 17.00 WIB

Tempat : Workshop Teknologi Rekayasa Mekatronika

 

3.       Piala HIMANIKATRON 2023 dilaksanakan pada:

Hari : Sabtu, Minggu & Sabtu

Tanggal : 02, 03 & 09 Desember 2023

Waktu : Pukul 06.00 WIB s.d. 17.00 WIB

Tempat : Gedung Disporaparbud Purwakarta

 

Berikut dokumentasi kegiatan MECHATRONICS FESTIVAL 2023

Dokumentasi Piala Himanikatron 2023






Dokumentasi kegiatan Mechatronics Competition 2023













Dokumentasi kegiatan Workshop PLC Omron Internasional


 










 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sambutan Ketua Himpunan

  Selamat datang di HIMANIKATRON  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu  Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT. Karena dengan karunia-Nya yang telah memberikan nikmat iman dan takwa juga kesehatan lahir batin serta kita tetap mendapatkan kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik hingga saat ini. Shalawat serta salam tidak lupa kita kirimkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Saya mengucapkan selamat datang di website HIMANIKATRON. Website ini dibuat sebagai media informasi untuk seluruh anggota HIMANIKATRON dan demisioner serta masyarakat luas di luar himpunan ini. kami dari HIMANIKATRON berharap bahwa dengan adanya website ini dapat menambah informasi serta memperoleh wawasan lebih, oleh karena itu manfaatkan website ini dengan sebaik mungkin. Akhir kata dari saya, mohon maaf bila ada kekurangan dari tutur kata dan penyampaian.  Hidup Mahasiswa!  Salam One Family! Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu Ketua Himpunan Periode 2020-2021 Indra Irawan

MIKROKONTROLER

  MIKROKONTROLER Definisi, sejarah, dan kegunaanya  DEFINISI             Mikrokontroler adalah sebuah  chip terintegrasi  yang biasanya menjadi bagian dari  embedded system  (sistem yang didesain untuk melakukan satu atau lebih fungsi khusus yang realtime).  Mikrokontroler terdiri dari  CPU, Memory, I/O  port dan  Timer  seperti sebuah komputer standar, tetapi karena didesain hanya untuk menjalankan suatu fungsi yang spesifik dalam mengatur sebuah sistem, mikrokontroler ini bentuknya sangat kecil dan sederhana dan mencakup semua fungsi yang diperlukan pada sebuah chip tunggal.   Chip yang didalamya terkandung sistem interkoneksi antara mikroprosesor, RAM, ROM, I/O Interface, dan beberapa peripheral. Mikrokontroler disebut juga  On-Chip-Peripheral SEJARAH MIKROKONTROLER Tahun 1617 , John Napier menemukan sistem untuk melakukan perkalian dan pembagian berdasarkan logaritma Tahun 1694 , Gottfried Wilhelm Leibniz membuat mesin mekanik yang dapat melakukan operasi +,-,*,/ dan akar kuadrat

Lomba Arduino

"Mechatronics Festival 2021 : Rise an Innovation and Productivity with Gain Achievment in The Digital Era" Halo rekan-rekan Mahasiswa seluruh Indonesia, kami dari Himpunan Mahasiswa Teknik Mekatronika (HIMANIKATRON) mengajak rekan-rekan semua untuk mengikuti "Lomba Arduino" ini sebagai wadah dalam menjaring minat dan bakat dalam bidang robotika, elektronika, dan otomasi terutama pada programming Arduino.  Sasaran Peserta lomba: SLTA Sederajat (SMA/SMK/MA/MAK/dan lainnya) Tingkat Nasional Ketentuan Peserta: 1. Peserta lomba adalah tim yang mewakili Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA Sederajat) di seluruh Indonesia dengan anggota tim yang masih berstatus siswa aktif (SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat). 2.  Satu tim terdiri dari 2 orang yang setiap anggotanya berasal dari instansi sekolah yang sama. 3.  Tim dapat berasal dari jurusan yang berbeda dalam satu instansi sekolah. 4.  Pe se rta lomba wajib mengupload foto KTP/Kartu Pelajar/Kartu Identitas lainnya yang menyatakan be